Pages




Tips Belanja OLSHOP



Di era modern saat ini, Teknologi mempermudah manusia dalam melakukan segala hal. Salah satunya adalah belanja online atau Online Shoping. Online Shoping dalam bahasa berarti belanja secara online. Kata Online dalam Teknologi Informasi berarti langsung. Maka Online Shoping adalah pembelian barang oleh pembeli dengan penjual secara langsung, seolah-olah pembeli datang ketoko (website) melihat list barang dan dapat mengkontak kasir (penjual) apakah barang masih tersedia/tidak serta melakukan pembayaran. Dalam hal pembayaran, biasanya Online Shoping menggunakan pembayaran secara virtual, bisa dalam pembayaran via Paypal,Transfer, menggunakan Kredit,dan lain-lain tergantung dari toko online tersebut. Oleh karena itu,kita tidak tau apakah barangnya akan dikirim,apakah barangnya benar-benar dengan kondisi yang baik, apakah benar-benar toko online tersebut tidak menipu, karena kita tidak tau secara langsung toko online tersebut. Maka kita harus berhati-hati ketika Online Shoping. Berikut ini saya akan memberikan beberapa tips dalam Online Shoping :

Gunakan komputer pribadi , untuk menghindari pengaksesan identitas kita oleh orang lain dikarenakan masih tersimpannya data dikomputer umum/adanya program ilegal yang dapat mengetahui detail identitas kita.

Membaca peraturan-peraturan yang ada di toko online tersebut, biasanya ada pada halaman Cara Belanja atau FAQ, Agar memudahkan kita dalam mengetahui prosedur-prosedur dalam melakukan online shoping.

Mengecek identitas toko online tersebut, seperti alamat email,Telp/HP,Ym, pin BB apakah masih aktif atau tidak. Bisa juga mengeceknya dengan search engine sepert google, dengan cara mencari keyword dari identitas toko online tersebut, apakah nanti ditemukannya info yang tidak baik dari toko online tersebut atau tidak.

Jangan tergiur dengan harga super murah yang tidak masuk akal dan jangan langsung berbelanja dalam jumlah besar, coba dulu belanja produk yang murah.

Cek statistik toko online, Lihat 3 indikator utama untuk mempercayai suatu web, khusus toko online disarankan mempunyai, Domain Age / Umur Toko Online : min 1 tahun ke atas, via Who.is, Google Page Rank : min rank 1 (semakin tinggi semakin baik) , Alexa Rank : Di bawah 1 juta (semakin kecil semakin baik) via www.alexa.com.

Pastikan saat Anda memasukkan data pribadi seperti password atau no kartu kredit, toko online tersebut mempunyai fasilitas SSL (Secure Sockets Layer / jalur aman yang dienkripsi), cek pada browsernya diawali dengan HTTPS, contoh https://belanja.com.

Jika Anda beberlanja dalam jumlah yang besar mintalah Toko Online untuk mengasuransikan pengiriman via Tiki/JNE biasanya ada tambahan biaya sedikit. Dan pastikan Anda mendapatkan No kirimiman dari Tiki/JNE atau lainnya.

Pastikan Anda membeli langsung pada toko online tersebut tidak membeli dari pihak ke-3, atau pastikan bahwa Toko Online tersebut mempunyai stok sendiri, biasanya dapat dilihat dari keterangan jumlah stoknya. Cek dulu apakah jumlah stok yang ada pada web adalah stok aktual / realtime. Jika Toko Online tersebut mempunyai sistem stok aktual/realtime pasti mempunyai stok sendiri tidak mengambil dari pihak lain. Jika ingin membeli melalui perantara, pastikan perantara tersebut memiliki reputasi baik.

Pastikan Anda memasukkan alamat dengan lengkap misalnya : Nama Jalan, Nama Komplek, No Rumah, RT/RW, Kabupaten, Kecamatan, Nama Kota, Kode Pos, Provinsi dan Patokan khusus agar alamat Anda mudah dicapai oleh pihak jasa pengiriman. Jika menggunakan alamat kantor / perusahaan, tambahahkan keterangan : Nama Perusahaan / Kantor, Divisi / Bagian. Contoh : PT ZZZ, divisi 2, Bagian Marketing atau lainnya  Jika menggunakan alamat Kos / Asrama, tambahkan keterangan Nama Kos / tempat, No Kamar / atau nomor lainnya. Contoh : Kos Ibu Ayu (Kamar No 9).

Demikian tips aman belanja online dari saya, tetaplah berhati-hati dan teliti ketika berbelanja online!.



Keterangan

Menurut Posisi Kalimat Topik

Paragraf - Deduktif
Paragraf dimana kalimat topik ditempatkan pada akhir paragraf. Kalimat penjelasan disajikan terlebih dahulu.

Menurut Sifatnya

Paragraf Persuatif
Paragraf yang mempromosikan sesuatu dengan cara mempengaruhi atau mengajak pembaca.


Responses

1 Respones to "Tips Belanja OLSHOP"

SuperTeam mengatakan...

makasih tipsnya gan.
sekedar sharing juga mengenai klikoffice.co.id belanja online peralatan dan perlengkapan kantor, memang ini adalah website resmi. sesuai dengan namanya klikoffice.co.id belanja online peralatan dan perlengkapan kantor, website toko online (webstore) ini menyediakan peralatan dan perlengkapan kantor dengan harga dan bonus menarik, bergaransi resmi juga, orang-orang biasa mengunjunginya dari SINI>> klikoffice.co.id belanja online peralatan dan perlengkapan kantor


3 April 2015 pukul 15.59

Posting Komentar

 
Animated Dragonica Star Glove Pointer







Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Edited By Dwi Wicaksono