Pages




Manusia VS Robot



DEFINISI ROBOT
        Robot merupakan sesuatu yang tidak asing lagi di dengar , dan merupakan suatu benda, alat yang sangat popular di masyarakat .namun pengertian robot itu bermacam macam. menurut orang dari sudut pandang yang berbeda. Ada yang mendefinisian bahwa robot itu adalah mesin yang berbentuk manusia dengan memiliki kemampuan aktifitas seperti manusia seperti berjalan , berlari dll. Tetapi ada juga orang yang mendefinisikan robot hanya mesin yang membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan contohnya dalam industry
1.      Pada kamus Webster robot adalah “An automatic device that performs function ordinarily ascribed to human beings”
2.      Pada kamus Oxford dapat diperoleh pengertian robot adalah A machine capable of carrying out a complex series of actions automatically, especially one programmed by a computer.
3.      Robot institute of America mendefinisikan arti robot  sebagai berikut “A reprogammable multifunctional manipulator designed to move materials, parts, tools or other specialized devices through variable programmed motions for the performance of a variety of tasks”.
4.      International Standard Organization (ISO 8373) mendefinisikan robot sebagai:“An automatically controlled, reprogrammable, multipurpose, manipulator programmable in three or more axes, which may be either fixed in place or mobile for use in industrial automation applications”.
5.      Menurut Encyclopaedia Britannica robot adalah “mesin otomatis dioperasikan yang menggantikan tenaga manusia, meskipun mungkin tidak menyerupai manusia dalam penampilan atau melakukan fungsi dalam cara yang mirip manusia”.
6.      Merriam-Webster menggambarkan robot sebagai “mesin yang terlihat seperti manusia dan melakukan tindakan berbagai kompleks (seperti berjalan atau berbicara) dari seorang manusia”, atau “perangkat yang secara otomatis melakukan tugas-tugas sering berulang rumit”, atau “mekanisme kontrol otomatis dipandu oleh”
7.      Joseph Engelberger , pelopor dalam robotika industri, pernah mengatakan: “Saya tidak dapat menentukan robot, tapi aku tahu satu ketika saya melihat satu “.
8.      Pengertian robot menurut Wikipedia Robot adalah sebuah agen cerdas mekanis atau virtual yang dapat melakukan tugas secara otomatis atau dengan bimbingan, biasanya dengan remote control. Dalam prakteknya robot biasanya merupakanmesin elektro-mekanis yang dipandu oleh komputer dan pemrograman elektronik. Robot dapat otonom , semi-otonom atau dikendalikan dari jauh. Robot berkisar dari humanoids.
Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa robot merupakan benda yang rumit dan unik yang memiliki fungsi untuk menggantikan tenaga manusia dalam bidang apa saja termasuk industry. Sehingga mempercepat tugas serta kebutuhan manusia. Meskipun robot memiliki banyak definisi dan tidak ada definisi robot tunggal benar namun robot secara keseluruhan memiliiki ciri-ciri yang sama. Ciri-ciri itu adalah robot pasti akan melakukan kontak fisik pada robot itu sendiri yaitu bergerak, dibutuhkan program-program untuk menjalankan suatu perintah yang di ajukan kepada robot sehingga dapat menjalankan suatu tugas tertentu. Dengan menerima program yang sudah di rancang akan memungkinkan robot memilik indra terhadap rangsangan luar. Contohnya memiliki sensor infrared, menjauhi sisi terang, dll.

BERAWAL DARI SEBUAH CERPEN
Sejak kapan manusia mengenal robot? Konon kabarnya, istilah robot pertama kali dipopulerkan tahun 1942. Sebenarnya istilah robot sudah digunakan oleh Karel Capek, seorang penulis drama dari Cekoslovakia. Cerpen itu bercerita tentang robot therapy. Terinspirasi pada cerpen Runaround, Joseph Weizenbaum, seorang profesor di Institut Massachusetts, membuat program Eliza pada tahun 1966. Ada sekitar 240 baris kode yang dibuat oleh Weizenbaum untuk mensimulasikan sebuah psikotherapy.
Ternyata bukan hanya Prof. Weizenbaum saja yang terobsesi dengan cerpen Runaround hasil karya Asimov itu. Sepuluh tahun sebelum Prof. Weizenbaum membuat program Elilza, George Devol dan Joseph Engelberger sudah lebih dulu membahas tentang pembuatan robot berdasarkan ide cerita dari cerpen Runaround tersebut. Mereka berdua selanjutnya mendirikan perusahaan yang diberi nama Unimation, singkatan dari istilah Universal Automation. Unimation menjadi perusahaan pertama di dunia yang menghasilkan robot secara komersial. Bahkan kabarnya perusahaan ini sampai sekarang masih terus berproduksi.

PERIODE TEKNOLOGI ROBOT
Meskipun ada sebagian yang mungkin tidak bisa didefinisikan sebagai robot, tapi hasil-hasil pencipataan yang disusun berdasarkan urutan kurun waktu dibawah ini dianggap sebagai perkembangan dari cikal bakal teknologi robot.
1.      Tahun 270 sebelem masehi, Ctesibus, pada jaman Yunani kuno telah membuat organ-organ dan jam air yang dapat membuat gerakan-gerakan tertentu.
2.      Tahun 1818, Mary Shelley menulis novel “Frankenstein” yang terkenal dan menyeramkan itu. Cerita tentang manusia yang diciptakan oleh Dr Frankenstein.
3.      Tahun 1921, Istilah “Robot” pertama kali digunakan dalam sebuah drama berjudul “RUR” atau “Rossum’s Universal Robot” yang ditulis oleh penulis dari Ceko, Karel Capek. Secara sederhana drama ini mengkisahkan tentang manusia yang membuat robot dan pada akhirnya robot itu membunuh manusia yang membuatnya.
4.      Tahun 1941, penulis fiksi ilmiah Isaac Asimov pertama kali menggunakan kata “Robot” untuk menggambarkan teknologi robot dan meramalkan munculnya robot industri yang kuat.
5.      Tahun 1942, Asimov menulis “Runaround”, cerita tentang robot dan memperkenal “Tiga Hukum Robot”.
6.      Tahun 1948, Cybernetics”, sebuah hasil tulisan tentang pengaruh pada kecerdasan buatan yang diterbitkan oleh Norbert Wiener. Pada masa itu juga seorang perintis teknologi robot di Inggris, William Grey Walter menciptakan robot sederhana yang diberi nama Elmer dan Elsie yang meniru perilaku manusia hidup dengan menggunakan elektronik.
7.      George Devol dan Joseph Engleberger menciptakan robot lengan yang diprogram untuk pertama kalinya dan menciptakan istilah Universal Otomasi untuk pertama kalinya juga.
8.      Tahun 1956, George Devol dan Joseph Engelberger membentuk perusahaan penghasil robot pertama di dunia. Pada tahun ini juga sebuah robot elektronik berbentuk tupai dan diberi nama Squee diciptakan.
9.      Tahun 1959, Computer Assisted Manufacturingg telah didemonstrasikan di Laboratorium Servomechanisms di MIT.
10.  Tahun 1961, robot industri pertama diperagakan di pabrik mobil General Motors di New Jersey. Robot itu dinamakan UNIMATE.
11.  Tahun 1963, robot lengan buatan yang dikontrol oleh computer pertama  kali dirancang. Lengan (tangan) robot ini dirancang sebagai alat bagi penyandang cacat dengan kelengkapan enam sendi yang memberikan fleksibilitas lengan manusia.
12.  Tahun 1965, pembuatan system canggih yang pertama dan disebut DENDRAL. Program ini dirancang untuk melaksanakan akumulasi pengetahuan dari subjek ahli.
13.  Tahun 1968, Marvin Minsky membuat lengan tentakel yang dinamakan Octopus.
14.  Tahun 1969, pembuatan lengan Stanford yang digerakkan oleh tenaga listrik. Lengan robot ini dikendalikan oleh komputer.
15.  Tahun 1970, kemunculan robot Shakey yang disebut-sebut sebagai mobile robot yang pertama yang dikendalikan oleh kecerdasan buatan. Robot ini dibuat oleh SRI International.
16.  Tahun 1974, perancangan lengan robot yang bekerja berdasarkan umpan balik dan sensor tekanan. Robot yang disebut dengan nama Silver Arm ini digunakan untuk perakitan komponen-komponen di bidang industry.
17.  Tahun 1979, pertama kalinya didemonstrasikan kemampuan sebuah robot yang berlalu lalang di dalam sebuah ruangan yang penuh dengan kursi. Robot yang diberi nama Stanford ini dapat menghindari menabrak kursi-kursi yang diletakkan secara acak di ruangan tersebut. Robot ini dilengkapi dengan kamera yang menyampaikan gambar medan laluan ke komputer. Selanjutnya komputer memperhitungkan jarak benda dan hambatan yang ada pada medan.
Dari sejarah di atas dapat di simpulkan bahwa robot berkembang pesat dengan cepat. Sehingga pada saat ini robot banyak yang berguna bagi kehidupan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup.
KESIMPULAN
Robot memiliki dampak positif  dan negative tergantung dari sudut pandang ekonomi, religious dan lain lain. Namun, robot hanyalah alat untuk memenuhi kebutuhan manusia dapat di gunakan agar tidak mengalami kesalahan apabila manusia yang melakukan pekerjaan tersebut. Begitupun dengan cyborg , robot dan cyborg memiliki pengertian yang berbeda. Cyborg adalah manusia yang mengunakan teknologi. Sedangkan robot adalah alat.

SUMBER



Responses

0 Respones to "Manusia VS Robot"

Posting Komentar

 
Animated Dragonica Star Glove Pointer







Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Edited By Dwi Wicaksono