Pages

Budaya Mudik



Budaya Mudik Di Indonesia


Mudik tradisi yang menjadi budaya.
Siapa sih yang tidak kenal dengan  Mudik? Kegiatan unik yang cuma ada di Indonesia. Tapi apakah kalian tahu apa asal mula dari kata Mudik?
Ternyata Oh Ternyata.


"Mudik adalah kegiatan perantau/ pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik berasal dari bahasa jawa "Mulih Dhisik" yang artinya pulang dulu.Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua. Tradisi mudik hanya ada di Indonesia" Sumber

Namun ada juga yang mengatakan Mudik itu dari kata Udik , yang berarti kampung atau jauh dari kota.

Sebenarnya pulang kampung bukan cuma di Indonesia, masyarakat eropa atau amerika juga memiliki tradisi berkumpul makan bersama keluarga besar di malam natal. Tapi tidak sebesar diindonesia.


Mudik merupakan contoh nilai positif bangsa indonesia. Dapat dilihatkan masyarakat masih menjunjung nilai silaturahmi antara keluarga. Meskipun banyak kalangan yang menggunakan momen ini untuk berbuat yang tidak baik. Seperti calo tiket. Bukan hanya itu, banyaknya masyarakat yang mudik, sedangkan fasilitas yang ada tidak mencukupi. Karena hal tersebut banyak masyarakat menggunakan solusi yang lain , Seperti : 




Lihat kan? betapa mengenaskannya mudik dengan memaksakan diri. Membahayakan diri sendiri dan orang lain. Tapi salut saya terhadap pemudik-pemudik yang semangat untuk bertemu sanak-sadaranya untuk bersilaturahmi.

Kesimpulannya , Mudik merupakan kegiatan pulang kampung , biasanya dari kota ke desa. Mudik dulunya cuma tradisi,namun karena selalu dilaksanakan saat hari raya maka mudik sekarang menjadi budaya di indonesia.




Referensi
 wikipedia.org










Responses

0 Respones to "Budaya Mudik"

Poskan Komentar

 
Animated Dragonica Star Glove Pointer







Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Edited By Dwi Wicaksono