Pages




TIK menghubungkan pemerintah dan masyarakat







Kemajuan teknologi yang pesat membuat teknologi  sudah tidak asing lagi dalam kehidupan masyarakat. Kemajuan teknologi pun mengubah cara pemerintah terhubung dengan masyarakatnya. Salah satunya adalah E-Government.
 “E-Government merupakan proses pemanfaatan teknologi informasi  oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi masyarakatnya”.
Dahulu untuk terhubung dengan pemerintah, masyarakat harus  melalui jalur birokrasi yang panjang. Namun dengan perkembangan teknologi, kini masyarakat hanya dengan terhubung kesistem langsung dapat terhubung dengan pemerintah. Dengan begitu pemerintah dapat melayani masyarakat lebih cepat , efisien, transparan, respontif , 24jam, kapanpun, dari man pun, secara online.

Model penyampaian :
·         G2C (Government To Citizen) adalah  pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk melayani kebutuhan masyarakat. Contoh:  Melayani administrasi dan kependudukan.
·         G2B (Government To Business) adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk melayani kebutuhan  dunia usaha. Contoh: Pengurusan ijin usaha
·         G2G (Government To Government) adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk melayani lembaga pemerintahan lain,departemen lain dsb.

Beberapa perubahaan dalam pendayagunaan TI :

Mengurangi biaya, pengiriman dokumen melalui email, meningkatkan pelayanan kerja kemasyarakat, tersedianya informasi yang mudah diakses oleh masyarakat, meningkatkan hubungan usaha karena tersedianya informasi  yang mudah diperoleh, hilangnya birokrasi yang menyulitkan  dunia usaha dan masyarakat bila berhubungan dengan pemerintah

Meskin dengan adanya E-Government, bukan berarti sepenuhnya cara pemerintah terhubung berubah. Masyarakat masih dapat berhubungan dengan pemerintah dengan datang langsung kepos pelayanan, maupun bertanya langsung melalui telpon mengenai pelayanan pemerintah.

Namun dengan adanya E-Government , pemerintah harus menjaga keamaanan data-datanya. Jika tidak dapat menjaganya keamanan, makan kegagalan keamanan tersebut dapat mengikis kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.



Responses

0 Respones to "TIK menghubungkan pemerintah dan masyarakat"

Posting Komentar

 
Animated Dragonica Star Glove Pointer







Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Edited By Dwi Wicaksono