Pages




Tugas 1. Teori Organisasi Umum 1 (Soft Skill)



  • Organisasi :
Suatu kesatuan dari sekelompok individu yang memiliki tujuan yang ditetapkan, anggotanya saling berinteraksi secara terstruktur dan setiap anggotanya memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing.


  • Manajemen & Organisasi :
Manajemen : Merupakan suatu proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja samaa antar manusia.
Jadi hubungan Manajemen & Organisasi :
Suatu rancangan rencana/perencanaan yang berhubungan dengan bagaimana seseorang dapat mengelola/menggurus rancangan organisasi dari merekrut anggota sampai menyelesaikan masalah.
Atau pengelolaan/memanange organisasi atau sumber-sumber organisasi


  • Manajemen & Tata Kerja :
Tata Kerja : suatu cara bagaimana sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan sebaik dan semaksimal mungkin serta tepat.
Sehingga hubungan Manajemen & Tata Kerja adalah jika tata kerja berjalan dengan baik maka kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat pula hasilnya.

  • Manajemen , Organisasi & Tata Kerja :
Dari pengertian di atas, jadi Hubungan Manajemen , Organisasi & Tata Kerja adalah Manajemen sebagai proses organisasi untuk mencapai tujuan melalui kerja sama, Organisasi sebagai tempat untuk menampung, atau alat-alat untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai, sedangkan Tata Kerja agar manajemen organisasi berjalan secara efisien dan tepat.

  • Ciri-Ciri Organisasi :
Mempunyai tujuan & sasaran, mempunyai keterikatan format dan tata tertib yang harus di taati, adanya kerja sama antar sekelompok orang, mempunyai kordinasi tugas dan wewenang.

  • Unsur-Unsur Organisasi
Orang-orang / sekumpulan orang, kerja sama, tujuan bersama yang ingin dicapai, peralatan, lingkungan, struktur organisasi, sistem dan prosedur organisasi.

  • Teori Organisasi :

Teori Organisasi adalah suatu teori yang mempelajari kinerja dalam sebuah organisasi, kajiannya yaitu bagaimana caranya membahas bagaimana sebuah organisasi dalam menajalankan fungsi dan menerapkan visi dan misi organisasi tersebut. Lingkungan kerja suatu organisasi dapat mempengaruhi dan terpengaruh oleh orang di dalam suatu organisasi tersebut. Macam-Macam Teori Organisasi :
 
Teori Organisasi Klasik

Teori klasik (classical theory) atau disebut juga teori tradisional, isinya berupa konsep tentang organisasi dari abad 19, definisi organisasi sebagai struktur hubungan, kekuasaan, tujuan, peranan, kegiatan, komunikasi dan faktor lain yang terjadi karena terlibat kerja sama antar orang.

Teori Organisasi Neoklasik

Teori neoklasik dikenal sebagai teori/aliran hubungan manusiawi (The human relation movement). Teori ini dikembangkan atas dasar teori klasik. Tanggapan dalam teori ini adalah menekankan pentingnya aspek psikologis dan sosial sebagai indivudi maupun sebagai bagian kelompok dalam lingkungan kerjanya, dari dasar tanggapan ini teori neoklasik mendifisikan ‘organisasi” memiliki tujuan yang sama.

Teori Organisasi Modern

Teori modern atau yang bisa disebut sebagai analisa system pada organisasi merupakan aliran besar ketiga dalam teori organisasi dan manajemen. Teori modern melihat bahwa semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan dan saling ketergantungan, yang di dalamnya mengemukakan bahwa organisasi bukanlah suatu system tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil, akan tetapi organisasi merupakan system yang terbuka.

  • Organisasi Niaga (PT, CV, Joint, Ventura, Fa, Koperasi, Trust, Kartel, Holding Company) :
Organisasi Niaga : Organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan.

PT : Suatu persekutuan untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari saham-saham, yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya. Pemilik saham tidak bertanggung jawab terhadap utang namun memiliki hak pembagian keuntungan jika mendapat keuntungan.

CV : Suatu persekutuan yang didirikan oleh seseorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada seseorang atau beberapa orang yang menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin.

Joint Ventura : Atau bisa disebut juga Perusahaan Patungan adaah sebuah kesatuan yang dibentuk antara 2 pihak atau lebih untuk menjalankan kegiatan ekonomi bersama.

Koperasi : Suatu jenis badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hokum yang melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berasaskan kekeluargaan, yang bertujuan mensejahterakan anggotanya.

Trust : Sebuah perusaah baru yang terjadi karena peleburan beberapa badan usaha, sehingga diperoleh kekuasaan yang besar dan monopoli.

Kartel : Merupakan bentuk kerja sama antara beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha yang sama dengan tujuan untuk meningkatkan keuntungan dan memperkecil kondisi persaingan dan memperluas atau menguasai pasar.

Holding Company : Suatu PT yang besar yang menguasai sebagian besar sero atau saham perusahaan lainnya. Badan usaha yang lain yang dikuasai tetap berdiri namun diatur dan dijalankan sesuai dengan kebijakan PT yang menguasai


  • Organisasi Sosial :
Organisasi Sosial adalah perkumpulan social yang dibentuk oleh masyarakat, baik berhukum maupun yang tidak berhukum, yang fungsinya sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam bangsa dan Negara yang memiliki tujuan-tujuan tertentu.
  • Organisasi Regional Dan Internasional :
Organisasi Regional adalah organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa Negara tertentu saja, yang wilayah kegiatanya bersifat regional dan anggota negaranya hanya pada kawasan tertentu saja.
Contohnya :  ASEAN

Organisasi Internasional adalah organisasi yang terbentuk dari beberapa negara-negara di dunia, dan wilayah kegiatannya mencangkup seluruh negara didunia.
Contohnya : PBB


Responses

0 Respones to "Tugas 1. Teori Organisasi Umum 1 (Soft Skill)"

Posting Komentar

 
Animated Dragonica Star Glove Pointer







Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Edited By Dwi Wicaksono